Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Samsung J2 Pro

iklan
auto iklan

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Pro bermanfaat untuk membersihkan file sampah yang menjadikan hp tersebut lemot, dengan leletnya sistem akan mengakibatkan pekerjaan anda terhambat. 


Smartphone tersebut bisa dibersihkan dengan beberapa cara yang akan kami sebutkan nantinya.


Sebelum membahas Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Pro, kini sedikit membahas spesifikasi yang ditawarkan HP tersebut, dengan bekal Processor quad core 1,4 GHz perpaduan dengan sistem operasional 7.1.1 (nougat)sehingga bisa menginstal berbagai aplikasi yang cukup berat.

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Samsung J2 Pro


Berapa kapasitas memori hp Samsung j2 pro ?  Samsung J2 Pro dibekali Ram berkapasitas 1,5 GB dan memori internal 16 GB. 

Dengan kapasitas tersebut menjadikan penggunanya mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu. Namun tidak pas untuk kebutuhan game seperti mobile legend, PUBG ataupun permain berat lainnya.


Semakin lama HP Samsung J2 Pro digunakan maka semakin banyak juga file sampah yang mengendap didalamnya, maka dari itu kita perlu membersihkan semua sampah yang ada. 

Apalagi anda pemain game berat, oh, tentunya kapasitas RAM dan internal memory masih kurang besar ya. 

Baca Juga Cara Menghemat RAM Samsung J2 Hingga 500MB

Ketika Samsung J2 Pro lemot, terjadi banyak kemungkinan, dan kemungkinan terbesarnya adalah RAM dan Memori internal yang penuh sehingga menjadikannya lelet. 

Tenang saja guys, karena kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Pro berikut ini:


Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Pro


Langsung saja kami situs paket hp memberikan tutorialnya dengan jelas, silahkan ikuti langkah-langkah yang akan kami paparkan berikut ini:


Bersihkan Cache dan File Sampah


Langkah pertama untuk mengatasi memori penuh Samsung J2 Pro adalah membersikan cache dan file sampah yang ada didalamnya, 

memang sampah yang dihasilkan dalam sekali penggunaan tidaklah banyak, tapi kalau bertahun-tahun digunakan tapi tidak dibersihkan, ya pastinya akan menimbulkan masalah memori internal Samsung j2 pro cepat penuh.

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Samsung J2 Pro


Cara Membersihkan Cache Samsung J2 Pro


Sekarang, caranya bagaimana ? ikuti langkah berikut ini:


  1. Hidupkan Perangkat Samsung J2 Pro
  2. Pilih tombol aplikasi
  3. Pilih Aplikasi Utilitas smart manager
  4. Pilih menu storage (penyimpanan)
  5. Pilih tombol “delete atau bersihkan”

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Samsung J2 Pro


Backup foto dan video ke Harddisk PC atau Google Foto.


Salah satu yang mengakibatkan memori internal cepat penuh adalah banyaknya file foto dan video, bayangkan saja kalau 1 foto memiliki ukuran 3 MB, kalau misalnya didalam hp anda terdapat 500 foto. Kan sudah 1,5GB. Banyak juga kan?


Cara Back up File ke PC


  • Sambungkan HP dengan PC menggunakan kabel USB (pastikan tersambung)
  • Kemudian pilih transfer USB
  • Cut File foto dan video yang diinginkan ke PC di folder khusus agar tidak hilang

Tapi kelemahan cara ini adalah, saat file foto sudah dipindahkan ke PC tapi kita ingin mengirimkan foto tersebut ke teman kita melalui WA, kan harus memindahkan lagi. Tapi itu bisa diatasi dengan whatsapp web, agar tidak ribet memindahkan file.

Baca Juga Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Samsung J2

Hapus aplikasi berat dan beralih ke Aplikasi Lite


Langkah berikutnya, anda bisa mengganti aplikasi berat menjadi aplikasi lite yang berukuran kecil, seperti aplikasi media sosial seperti line, twitter, instagram, fb lite yang ramah akan memori. Pasalnya, aplikasi aslinya memiliki kapasitas yang besar.


Install Aplikasi GO


Selain beralih ke aplikasi Lite, anda juga bisa menggunakan aplikasi GO yang bisa lebih hemat dalam penggunaan RAM dan memori internal Samsung J2 Pro. 

Salah satu contohnya, Youtube Go memiliki kemampuan untuk memilih kualitas video dari rendah, sedang dan ukuran tinggi. Sedangkan ukuran aplikasi tersebut hanya 9 MB dan data 25MB.


Sama halnya dengan Maps Go sebagai pengganti maps pada umunya dimana aplikasi tersebut menggunakan browser google chrome android. Dan masih banyak contoh aplikasi Go lainnya yang bisa anda install di hp Samsung J2 Pro.


Bersihkan Konten Media WahatsApp dan matikan Fitur Auto Download Content


Settingan awal aplikasi medsos Whatsapp adalah auto download content, dimana saat ada yang mengirim sebuah gambar, video, dan voice kepada anda maupun grup yang anda ikuti, maka secara otomatis akan tersimpan diHP Samsung J2 Pro anda. 

Semakin banyak grup yang anda ikuti, maka cepat pula memorinya penuh.


Cara Mematikan Auto download Whatsapp


  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Klik titik 3 bagian pojok kanan atas
  3. Masuk Setelah
  4. Pilih Penggunaan Data Penyimpanan
  5. Klik Unduh Otomatis Media (uncheck)


Caranya mudah bukan? Cara mengasi Memori Penuh Pada HP Samsung J2 Pro bisa anda ulangi ketika memori HP anda cepat penuh, 

apabila hal langkah-langkahnya sudah dilakukan tapi masih belum bisa menjalankan aplikasi besar yang di inginkan pengguna, 

maka sebagai rekomendasi terakhir adalah membeli HP Baru dengan kapasitas RAM dan Memori internal yang lebih besar.

auto relax

Post a Comment

0 Comments