6 Cara Mengatasi HP Lemot Samsung J2 Prime 2021

iklan
auto iklan
Cara mengatasi Samsung Galaxy J2 Agar Tidak lemot mudah anda lakukan jika faham cara membersihkannya, alasan terkuat kenapa bisa lelet adalah penuhnya memori penyimpanan yang memang kategori kecil.

Semua teknologi yang memiliki ruang penyimpanan kecil akan mengalami lemot yang berlebihan, pasalnya kapasitas hp tersebut tidak mampu menampung berbagai kebutuhan aplikasi penggunanya. Untuk itu, anda pengguna hp jadul harus mengerti cara mengatasi Samsung Galaxy J2 Prime agar tidak lemot.


Penyebab HP Samsung J2 Prime Lemot


Terdapat banyak sebab kenapa HP Android besutan Samsung tipe j2 ini mengalami lemot yang luar biasa, diantara penyebabnya sebagai berikut:

  • Memori Internal Android Telah Penuh
  • Memori RAM Android Telah Penuh
  • Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi Pada Android
  • Terlalu Banyak Memasang Widget Pada Android
  • Android Telah Terjaring Virus
  • Data Cache Android Telah Menumpuk/Penuh
  • Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang
  • Ponsel Android Terlalu Panas
  • Sistem Android Telah Error
  • Dll.

Cara Mengatasi HP Samsung J2 Agar Tidak Lemot


Nah, kali ini kami situs paket hp akan memberikat tutorial Cara Mengatasi HP Samsung Agar tidak lemot secara detail berikut ini:

Melakukan Reboot/Restart Android




Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memperbaiki HP Samsung J2 yang lemot adalah melakukan restart atau reboot android. Melakukan restart bertujuan untuk membersihkan seluruh data tidak terpakai serta mengulangi kinerja OS android di HP tersebut. Kalaupun masih mengalami lemot yang luar biasa, ikuti langkah selanjutnya.

Uninstall/Menghapus Sebagian Aplikasi Tidak Penting


Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah menghapus sebagaian aplikasi yang tidak penting, yang dimaksud adalah aplikasi tidak terpakai agar tidak terlalu memenuhi space penyimpanan dan RAM HP Samsung J2 Prime milik anda. 

Apalagi untuk penggila game berukuran besar seperti Mobile legend, PUBG, dan game online lainnya, ya itu dikarenakan hp tersebut tidak untuk bermain game berat dengan space yang kecil. 

Mengurangi Beban Penyimpanan Internal


Bagian ini merupakan bagian yang paling penting pada sistem operasional android, karena bagaikan ruang gudang sebagai penyimpanan seluruh data. Karena hp Samsung J2 Prime memiliki internal storage yang sangat minim mengakibatkan data android yang tersimpan tidak bisa sebanyak hp terbaru saat ini.

Terlebih kalau sudah ada peringatan “ruang penyimpanan penuh”, tentunya hp Samsung j2 anda akan terasa berat seperti mengangkat beban 2 kwintal. Tentunya terbatasnya memory internal, akan menghambat kinerja smartphone anda. 

Force Close/Paksa Henti Aplikasi Yang Sedang Berjalan


Langkah satu ini menjadi langkah alternative ketika tidak memungkinkan untuk menghapus data di internal storage, dengan cara menghentikan paksa aplikasi berat yang tidak terpakai. 

Supaya Ram yang berfungsi menjalankan aplikasi bisa lebih memiliki ruang.  Menghentikan paksa aplikasi ini juga berfungsi cara menghemat ram samsung j2 agar tidak terlalu penuh dan bisa menjalankan aplikasi lain yang hendak anda buka.

Cara menghentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan silahkan klik menu setting => aplikasi => pilih aplikasi yang ingin dihentikan => paksa berhenti.

Menghapus Cache Menumpuk di Sistem Android


Apa itu cache ? cache adalah data berjalannya sebuah sistem, misalnya anda sedang browsing youtube, kemudian memutar sebuah video A, lalu sistem secara otomatis menyimpan sebagian data video A. 

Ketika anda memutar kembali video A maka tidak terlalu lama loading / mengambil datanya, Hal tersebut yang dinamakan dengan Cache dan ini juga sebagai cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis samsung j2 prime.

Cara Menghapus Cache HP Samsung

Dari awal anda membeli HP Samsung J2 sampai sekarang, berapa situs yang sudah anda kunjungi ? Tentunya sangat banyak sekali kan? 

Cache menumpuk bagaikan jerami, dan tersimpan di memori internal. Hal tersebutlah yang mengakibatkan HP anda menjadi lemot, cara menghapusnya gimana? 

Klik Setting => Aplikasi =>Pilih aplikasi => Hapus Cache dan data.

Melakukan Factory Reset Android/Install Ulang Firmware


Langkah berikutnya adalah menginstall ulang firmware, terkadang OS android yang sudah lama dipakai mengakibatkan OS terserang virus atau rusak, kalau keadaannya seperti itu anda diharuskan untuk menginstall ulang OS androidnya.

NB: Untuk cara yang terakhir, itu digunakan ketika memang OS androidnya sudah rusak, kalau belum rusak saya sarankan untuk tidak melakukan install ulang. Berbeda lagi kalau anda menginginkan untuk melakukan root HP Samsung J2 anda.

Itulah artikel Cara mengatasi HP Samsung J2 Prime agar tidak lemot versi paket HP, semoga bisa membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kalau sudah memiliki uang lebih, bisa mengganti hp dengan versi terbaru karena tidak begitu ribet jika membeli baru.

auto relax

Post a Comment

0 Comments