15 Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root Agar Tidak Lemot

iklan
auto iklan
Cara Meningkatkan GPU Android Untuk Bermain Game HD Tanpa Root– Perkembangan teknologi kini semakin meningkat tajam, terlihat dengan adanya persaingan gadget yang semakin sengit salah satu vendor ternama yang selalu update produk adalah Samsung, 

Vendor samsung memiliki banyak produk dan spesifikasi yang ditawarkan pun bervariasi diperuntukkan untuk segmen pasar kelas bawah hingga kelas atas sekalipun.

Pernahkah anda memiliki hp android yang lemot? 

Pernah mencoba untuk mengatasi dengan uninstall aplikasi, reboot ataupun mematikan bloatware yang berada di smartphone tapi masih lemot juga? 

Mungkin dengan Overlock smartphone anda akan memiliki kinerja yang stabil.  Lalu tahukah anda Cara Meningkatkan GPU Android Untuk Bermain Game HD Tanpa Root?


cara overclock android

Cara Meningkatkan GPU Android

Ada beberapa langkah sebelum anda melakukan oprek HP, ada baiknya menggunakan 12 langkah meningkatkan GPU android, berikut ini:

Langkah Meningkatkan GPU Android


1. Spesifikasi dan kemampuan smartphone

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Poin pertama merupakan bagian mendasar, karena beberapa aplikasi membutuhkan power dan memori yang sangat tinggi dalam proses render gambar, video, seperti aplikasi game.

Apabila HP anda dibekali dengan GPU yang kecil maka dalam menjalankan aplikasi tersebut akan membuat HP lemot dan cepat panas. Jadi, jangan sampai menginstall aplikasi yang tidak sesuai kekuatan GPU.

Untuk mengetahui spek HP android anda, bisa browsing di internet atau mendownload aplikasi CPU-Z di playstore atau Appstore.

2. Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Cara yang kedua, matikan aplikasi yang tidak terpakai atau berjalan di latar belakang, karena akan menguras space RAM HP android anda.

Jika anda tetap memaksakan, maka HP akan lemot bahkan hang. Jadi, secara garis besar, untuk menambah GPU tidak bisa dengan hardware, tapi bisa dimaksimalkan menggunakan software.

3. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Hapus aplikasi yang tidak terpakai merupakan salah satu langkah jitu, jika HP anda space kecil maka jangan menginstal aplikasi berat seperti instagram, shopee, tokopedia, bukalapak, game, dan sejenisnya. 

Apabila sudah terlanjur terinstall dan tidak begitu dibutuhkan maka saran saya adalah uninstall aplikasi tersebut.

4. Fitur Sync (Synchronization)

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Langkah yang ke empat adalah sinkronisasi ke server google, agar penyimpanan di server internet. Dengan melakukan Sync, akan mengurangi data yang ada di HP android anda.

5. Update versi Android anda

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Selanjutnya, update versi android anda. Dengan ketentuan, spesifikasi HP anda mumpuni, apabila tidak mampu maka update android justru akan memberatkan kinerja ponsel.

6. Matikan Animasi Android

Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root


Langkah ke enam ini sering terjadi, yaitu adanya animasi android seperti tema bergerak, animasi jam, cuaca dan lain sebagainya yang justru memberatkan kinerja ponsel dan menghabiskan space GPU.

7. Hindari pemakaian Live wallpaper


Seperti yang saya katakan tadi, Jangan menggunakan live wallpaper karena itu akan menghabiskan ruang memory anda. Bisa dipastikan, jika spek rendah maka hp tersebut lemot.

8. Hindari pemakaian Tema


Untuk menggunakan tema hp android, saya rekomendasikan untuk memakai ram bawaan HP anda. Misalnya xiaomi, gunakanlah tema bawaannya.

9. Gunakan memory external yang baik

Selain itu, anda juga bisa menambah memori eksternal kelas 10 agar bisa mentransfer data dengan baik. Selain itu, silahkan pindah data-data berat di memori eksternal tersebut agar internal bisa free space.

10. Mengurangi penggunaan widget


Hapuslah Widget yang terpasang di HP android anda, memang terlihat keren sih jika memakai widget tambahan, tapi justru akan melemahkan RAM dan GPU Hp anda.

11. Menscan Android anda dengan antivirus


Pindai virus secara berkala, apabila HP anda dibekali dengan spek yang tinggi tapi masih lemot maka ada kemungkinan diserang virus, direkomendasikan untuk menscan android dengan antivirus terpercaya.

12. Ganti HP


Apabila 11 langkah meningkatkan GPU android diatas sudah dilakukan tapi masih belum maksimal, sudah saatnya anda mengganti HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Dengan spek yang tinggi, akan menopang semua kebutuhan anda. Terlebih, jika anda gamer atau pemain olshop, maka paling tidak membutuhkan RAM 6GB agar mampu menopang seluruh data yang ada.


Sebelum membahas Cara Overlock GPU Android , sebelumnya kami Paket HP akan menjelaskan beberapa hal yaitu mengingat bahwa Overlock memiliki kemungkinan menyebabkan kerusakan pada Handphone kamu. 

Dan secara otomatis Garansi produk smartphone akan hangus! Jadi, kami tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi seperti halnya Handphone anda sebagai akibat dari percobaan apapun yang ada diartikel ini.


cara overclock android

Artikel ini akan membahas mengenai dasar-dasar ilmu yang diperlukan untuk melakukan overloock. Akan tetapi artikel ini tidak akan membahas langkah langkah overclock disemua tipe hp kamu.

Pasalnya Cara overclock berbeda beda tergantung dengan Handphone yang anda miliki, bahkan terdapat handphone yang tidak bisa di overclock sama sekali karena memang dari pabriknya sendiri sudah mengaturnya.

Apa pengertian Overclock?


Smartphone dengan basis Android ataupun OS lain, sesungguhnya memiliki kemiripan dengan komputer pribadi atau laptop, sering kali saat hendak membeli laptop pasti yang anda tanyakan adalah Apa sih Prcessornya? berapa Giga? 

Saat membeli perangkat android juga demikian , kecepatan processor menjadi pertimbangan untuk membeli sebuah smartphone.

Adapun contoh dari processor adalah Exynos, Snapdragon, Qualcomm, ARM, Tegra, MediaTek (MTK), dan diikuti dengan kecepatan serta jumlah inti/otak/core yang dimiliki, contohnya: 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya. 

Inilah pusat seluruh proses yang menjalankan spesifikasi hp kamu, bisa dikatakan bahwa processor adalah otak dari Smartphone. bagaimana kinerja Smartphone bisa menjadi lebih cepat? Tentunya proses kerjaan akan lebih cepat selesai.

Overclock sendiri adalah menjalankan processor dengan kecepatan diatas standard, atau diatur sesuai dengan kecepatan bawaan smartphone tersebut. 

Contoh, Hp murah dengan processor 1GHz, kita meng-overclocknya jadi 1,6GHz,sehingga Smartphone tersebut akan setara dengan Samsung Galaxy S4 ( kurang sedikit), sangat canggih bukan?

Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Overclock Android?


Perlu diketahui bahwa Overclock memliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing,  memang kelebihannya akan menambah kinerja hp saat menjalankan aplikasi ataupun game dengan kecepatan yang powerfull , Gamer berjalan lancar serta menjadi lebih responsive, dan berjalannya aplikasi juga membutuhkan waktu operasional yang lebih sedikit.

Overclock juga memiliki kekurangan, memang sebenarnya hp tersebut tidak pas untuk menggunakan processor yang terlalu tinggi sehingga menjadikan sistem lebih panas. 

Processor yang bekerja keras membutuhkan daya listrik yang lebih besar sehinggga baterai yang digunakan akan lebih boros.

Selain itu, Overclock android juga memiliki kekurangan akan resiko yang akan muncul, resiko tersebut adalah Mati total, Bootloop tidak bisa masuk ke Sistem operasionalnya, dan terjadi masalah OS lainnya. jadi kalau berfikir mengenai resiko , pengguna harus siap untu mengambil resiko berat tersebut.

Apakah Hp Android anda siap untuk di Overclock?


Proses Overclock bisa anda lakukan ketika hp smartphone mengalami kendala, sebenarnya ada cara mudah untuk memastikan apakah Smartphone anda butuh untuk overclock atau tidak? ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab, pertanyaannya sebagai berikut.


  • Apakah kamu merasa bahwa akhir-akhir ini handphone kamu lambat?
  • Apakah kamu tidak punya uang untuk beli yang baru?
  • Apakah kamu tidak masalah dengan hilangnya garansi handphone ataukah memang garansinya sudah kadaluarsa?
  • Apakah kamu bersedia menanggung segala resiko dalam melakukan root, flashing dan overclock?
  • Apakah kamu sudah mengerti caranya melakukan root, flash ROM dan restore/backup android?




Kalau kamu menjawab iya untuk semua pertanyaan di atas, berarti kamu perlu overclocking sekarang juga!

Persiapan Overclock


Sebelum proses overclock dilakukan, ada beberapa persiapan yang harus digunakan dan dilakukan. Anda harus siam menginstal Custom ROM atau kernel.

Kernel File untuk hp anda sebaiknya menggunakan kernel file yang memiliki fitur Overclock, file tersebut biasanya di edarkan dalam bentuk .zip.

CWM Recovery, dan boot masuk ke CWM Recovery untuk flash kernel File hp android anda.

Custom ROM, Beberapa kernel bisa berjalan dengan lancar dari Rom bawaan dari pabrik, asalkan sudah di root, Jadi Custom Rom sebenarnya tidak wajib, custom Rom berguna untuk membuat kinerja hp lebih baik dari ROM bawaan , seperti custom ROM adalah CyanogenMod.

Best CPU Overclocking Software


Setelah persiapan yang dibutuhkan sudah terealisasi, sekarang perlu menyiapkan beberapa aplikasi yang bisa membantu proses overclock, diantaranya yaitu.

SetCPU for Root users (berbayar)

Silahkan download aplikasi tersebut di Google Play untuk bisa overclock for android apk, namun untuk aplikasi ini berbayar tapi memiliki fitur yang lebih dibanding aplikasi lainnya.

    Download Google Play

AnTuTu CPU Master (Free)

Silahkan download terlebih dahulu di playstore dan ikuti langkah-langkahnya, caranya cukup mudah dan bisa dimengerti dengan petunjuk aplikasi yang sudah disediakan agar  bisa meningkatkan fps android no root.

Ada beberapa parameter atau setting yang bisa diubah, antara lain:


  •     Min CPU speed
  •     Max CPU speed
  •     Scaling/Governor
  •     I/O scheduler
  •     Power state/voltage


Selain itu, ada juga pengaturan untuk GPU atau chip grafis yang ada di dalam smartphone anda, Untuk file tersebut silahkan bisa download di google, semuanya lengkap bisa mencarinya sendiri.

Itulah persiapan-persiapan dan Cara meningkatkan fps android tanpa root yang berhasil kami rangkum, sebenarnya untuk caranya cukup simpel tapi sekarang kami belum bisa memberikannya karena beberapa alasan. 

Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk melakukan Overclock android anda. Terimakasih
auto relax

Post a Comment

0 Comments