12 Penyebab & Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

iklan
auto iklan
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri – Dewasa ini HP Android ataupun IOS menjadi suatu hal yang harus dimiliki seseorang demi mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat, 

Bahkan ponsel menjadi salah satu asisten pribadi seorang untuk membantu pekerjaan sehari-hari dimanapun dan kapanpun asalkan keadaan sehat dan normal.

12 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri



Akan tetapi ketika Smartphone yang anda miliki menjadi teman anda dikalau sedang merasa galau, sedih, maupun senang ternyata sedang terjadi eror seperti layar bergerak-gerak sendiri saat di  charge, touchscreen sering loncat sendiri saat digunakan atau di cas, atau Saat hp di cas touchscreen error “Ghost Touch Samsung J2 Prime “ tentu tidak asyik kan?

Tentu error tersebut tidak mungkin terjadi tanpa sebab, diantara layar hp bergerak naik turun saat di charge adalah sebagai berikut :

Penyebab Layar HP samsung Bergerak Sendiri


1.  Arus listrik sedang tidak stabil


Memang jika hp kita charge dengan tegangan listrik yang tidak stabil bisa berpengaruh terhadap ke eroran touchscreen, dan memang ada jenis ponsel yang tahan dengan arus listrik tidak stabil tapi juga ada yang tidak tahan. Ketika dicas dengan arus listrik yang tidak stabil bisa bergerak-gerak sendiri.

2.  Kabel USB tidak berkualitas / KW


Kebanyakan kabel USB yang kita gunakan untuk mencharge HP Android tidak aslinya atau KW sehingga kualitas USB tidak terjamin, hal tersebut juga akan mempengaruhi layar sentuh yang bergerak dengan sendiri. Untuk itu, perlu adanya ilmu cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. 

3.  Adaptor charger berkualitas buruk / rendah


Selain kabel USB yang tidak berkualitas, adaptor charger berkualitas rendah atau buruk juga kadang menjadikan layar sentuh anda bergerak sendiri, jadi anda jangan asal-asalan menggunakan adaptor charge dengan asal-asalan karena itu akan berdampak pada proses pengisian baterai yang tidak stabil juga berdampak pada komponen penting lainnya seperti touchscreen. 

4.  Kerusakan pada baterai (bocor)


Penyebab yang ke empat adalah mengalami kerusakan pada baterai dengan  keadaan bocor, hal tersebut memungkinkan komponen lain membutuhkan asupan daya dari isi baterai yang tidak stabil dan baterai  yang eror.

5.  Kondisi layar basah / panas / dll


Saat layar anda dalam keadaan panas atau basah juga mampu menjadikan layar sentuh anda bergerak sendiri tanpa digerakkan berakibat terkenanya percikan air atau keringat, juga saat suhu hp panas secara berlebihan. 

Kadang berimbas pada komponen penting lainnya tidak hanya pada layar sentuhnya saja.

Kemudian cara mengatasi touchscreen meleset atau loncat yang sering terjadi dan dipertanyakan ooleh pengguna IOS selanjutnya adalah:

6.  Adanya BUG / Error pada software


Penyebab Touchsreen bergerak sendiri yang ke enam adalah terjadinya BUG atau error pada software hp anda, kebanyakan ini terjadi saat hp sering diganti custom ROM nya. Jadi jangan sering-sering mengganti custom ROM karena hal tersebut akan berimbas pada perangkat yang lain seperti touchscreen dan lain sebagainya. 

7.  Ponsel pernah terjatuh / terbentur


Penyebab yang ketujuh adalah pernah terjatuh dan berbentur dengan benda keras, dan hal tersbut bisa menjadi penyebab layar smartphone anda bergerak sendiri ketika di charge. Tapi itu bukanlah hal yang vital, dan itu bisa diatasi dengan cara-cara dibawah yang akan kami jelaskan.

8.  Screen Protector tidak cocok dgn layar


Screen Protector memang penting untuk melindungi layar ponsel anda seperti Tempered Glass dan lain sebagainya, akan tetapi tidak semua produk pelindung layar itu cocok dengan jenis ponsel tertentu. Dan saat Touchscreen anda bergerak-gerak sendiri terkadang karena screen protector yang anda gunakan tidak cocok.  Permasalahannya ada di screen protector pada hp kamu misalkan seperti : 

  • Kotor
  • Terlalu tebal
  • Terlalu paksa di tekan
  • Dan lain-lain...
Maka pantas saja kalau anda bertanya kenapa touchscreen iphone bergerak sendiri? diantara penyebabnya adalah kotor, tidak cocok dengan Charger dan lain sebagainya seperti yang sudah diterangkan diatas.

Setelah kita ketahui bahwa layar sentuh kita bergerak sendiri, maka kami situs Paket HP akan membahas Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri sebagai berikut :

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri


1. Pindah charger ke stopkontak lain


Touchscreen Iphone 5S tidak Berfungsi Sebagian saat di charger diakibatkan saluran listrik yang tidak stabil maka silahkan pindah charger ke stopkontak lain agar mendapatkan listrik yang stabil, dan itu menjadi solusi terbaik. 

2. Gunakan / ganti kabel USB yang berkualitas


Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang kedua adalah mengganti kabel USB yang berkualitas atau aslinya dari pabrik, karena penggunaan USB yang tidak aslinya akan mempengaruhi proses pengisian daya baterai. Pasalnya jika kita menggunakan kabel KW atau tidak original, hal tersebut menjadi indikasi kenapa Layar sentuh bergerak gerak sendiri.

3. Ganti adaptor charger yang lain


Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang ketiga adalah mengganti adaptor charger dengan adaptor lain yang sesuai, apalagi anda menggunakan adaptor yang tidak original maka kemungkinan layar bergerak sendiri itu karena adaptor tersebut.Menggunakan charger merk apapun tidak masalah misalnya Xiaomi, kalau memang itu bawaan dari pabrik maka itulah yang jadi charger terbaik ponsel tersebut.

4. Lakukan kalibrasi pada layar


Saat layar anda bergerak-gerak sendiri anda perlu mengatur kaliberasi layar anda agar lebih peka terhadap sentuhan jari anda, karena untuk kesehatan touchscreen perlu mengadakan kaliberasi. Jika layar kamu saat ini sedang bergerak-gerak sendiri maka silahkan lakukan kaliberasi touchscreen di ponsel android anda dan semoga berhasil dan cara kalibrasi touchscreen android bisa anda buka di setting. 

5. Matikan Opsi "Force GPU Rendering"


Selanjutnya, cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri nomor 5 jarang terjadi tapi tidak menutup kemungkinan bahwa proses terjadinnya layar sentuh bergerak sendiri disebabkan Force GPU Rendering” dalam kondisi aktif. Dan cara terbaiknya adalah mematikan atau mendisable fitur tersebut dengan masuk pada Developer Mode ( Opsi Pengembang ).

6. Coba lakukan Reboot


Cara berikutnya adalah dengan melakukan Reboot atau restart dengan alasan mungkin HP Android anda sedang memerlukan istirahat sejenak karena CPU, GPU dan Ram anda terlalu panas bekerja secara berlebihan. 

7. Coba lakukan Reset Pabrik


Jika saat anda restart masih belum berhasil, silahkan lakukan Reset pabrik (Factory Reset), mungkin langkah ini bisa mengatasi permasalah layar sentuh yang bergerak-gerak sendiri, akan tetapi sebelum melakukan factory reset jangan lupa untuk membackup data penting karena saat anda lakukan factory reset, secara otomatis akan menghapus semua data.

8. Membuat ground charger


Cara yang ke 8 ini lebih unik dan sedikit lebih lucu yaitu membuat Ground Charger, apa itu ground Charger ? yaitu melilitkan kabel kecil ke ujung konektor charger agar terjadi penyeimbangan daya. Lantas bagaimana cara membuatnya ?

  • Siapkan kabel berukuran 5 cm 
  • Kupas kedua ujung kabel berukuran 2 cm dan 1 cm
  • Lilitkan ujung kabel (2cm) ke ujung logm US, dan ujung kabel (1cm) biarkan saja
  • Lakukan proses charger, dan ujung kabel (1cm) silahkan pegang dengan tangan anda

12 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

9. Upgrade firmware (ROM) ke versi terbaru


Cara Memperbaiki touchscreen bergerak sendiri yang ke Sembilan adalah dengan cara meng upgrade firmware (ROM) ke update terbaru, cara ini berfungsi jika error hp kamu diebabkan eror bagian software maka bisa diperbaiki dengan mengupgrade firmware atau reinstall ulang ROM yang sering kita sebut sebagai Flashing. 

10. Ganti layar touchscreen baru


Apabila anda sudah mencoba cara-cara diatas dengan baik tapi belum mendapatkan hasil yang maksimal,silahkan ganti layar sentuh anda dengan yang baru karena kami kira kerusakannya murni dikarenakan layar sentuh yang rusak. 

11. Beli HP android baru


Jika ke 10 cara diatas belum bisa memuaskan anda, maka cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang kesebelas adalah mengganti smartphone anda, dilem biru ( DIlempar beli Yang Baru ), tentunya anda akan merasa puas dan bangga dengan hp android baru dengan keadaan layar sentuh yang normal dan enak digunakan.

12. Tukar Tambah


Jika uang yang anda miliki untuk beli smartphone masih kurang, anda bisa menukarkan ponsel android lama anda dengan yang baru untuk mengurangi budget pembelian ponsel android anda. 

Daripada mengurusi HP yang bergerak-gerak sendiri layarnya, lebih baik ganti yang baru lah.

Baiklah, itu tadi Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri berdasarkan penyebab layar iphone tidak berfungsi sebagian dengan cara yang unik dan menarik, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami kebingunan tentang bagaimana mengatasi layar sentuh pada hp yang eror, silahkan ikuti langkah-langkah diatas.
auto relax

Post a Comment

1 Comments

  1. pas banget, ternyata kebanyakan yang bermasalah pada charger. thanks infonya
    solder blower digital

    ReplyDelete