Cara Wipe Android Menggunakan PC 2021 | BERHASIL

iklan
auto iklan
Cara Wipe Android Menggunakan PC – Dewasa ini perkembangan sistem operasional berjalan sangat cepat, yang dulunya gingerbread sekarang sudah menuju sistem operasional versi 9 yaitu Pie.

Yang menjadikan pengelolaan grafis sebuah ponsel menjadi lebih maksimal, dan sedikit demi sedikit pengguna android semakin meninggalkan android terdahulunya.

Seperti kita ketahui, android merupakan teknologi yang sangat canggih karena mampu menginstal berbagai aplikasi, mendownload file-file besar dengan ukruan yang besar, diantaranya adalah video, foto, musik dan file penting lainnya. 

Dan apabila sudah tidak berguna bisa dihapus meskipun nantinya bisa dikembalikan lagi (recovery), nah, bahaya ! 

Jika hp anda jual ataupun anda berikan kepada orang lain secara Cuma-Cuma maka privacy anda bisa diketahui orang lain.


cara wipe android

Pasalnya sangat banyak pengguna Hp Android yang menjualnya kembali atau yang diberikan kepada orang lain, istilahnya berpindah tangan. 

Dan yang diharuskan pengguna adalah membersihkan (wipe ) perangkat terlebih dahulu agar semua privacy anda tidak diketahui pengguna baru hp tersebut. 

Namun, perlu kita ketahui bahwa cara biasa melakukan wipe tidaklah cukup untuk menghilangkan jejak pengguna sebelumnya.


cara wipe android

Pernah adan penelitian yang dilakukan sebuah perusahaan keamanan Avast dengan cara membeli android bekas di eBay, dan menghasilkan keputusan bahwa perangkat yang telah di wipe tersebut masih bisa di Recovery hingga menampilkan file yang sudah dibersihkan sebelumnya. 

Artinya identitas , video, foto yang pernah diambilnya, kontak dan aplikasi apa saja milik pengguna sebelumnya masih bisa dikenali meskipun sudah di wipe sehingga pengguna sebelumnya merasa nyaman.


Lantas bagaimana Cara Aman Wipe Android yang sudah tidak bisa dikenali pengguna baru? tenang saja, pasti ada caranya kok! 

Dan kali ini kami situs Paket HP akan mereview cara wipe android menggunakan pc dengan mudah berikut ini.

Cara Aman Wipe Android dengan Mudah


1. Enkripsi Perangkat


Sebelum pengguna membersihkan data, atau melakukan wipe lakukanlah enkripsi perangkat. 

Sebelumnya enkripsi memang membutuhkan waktu yang relative lama, jadi usahakan baterai ponsel berada pada posisi full 100% agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. 

Untuk melakukan enkripsi lihatlah bagian setting dan pilih security dan encription sehinggga anda dimintai untuk memasukkan PIN.

Fungsi enkripsi adalah mencegah apabila setelah proses pembersihan atau wipe masih terdapat data yang tertinggal, Enkripsi membutuhkan PIN untuk membuka data sehingga data pengguna lebih aman.

2. Factory Reset


Langkah selanjutnya setelah proses enkripsi data, adalah factory reset yang berfungsi untuk menghapus semua data diperangkat android anda. 

Caranya cukup muda yaitu dengan memilih factory reset pada bagian Back up anda Reset. Dengan memilih Factory Reset akan menghapus semua data di perangkat android anda.

Kalau anda hanya menggunakan factory reset saja maka masih ada kemungkinan data anda bisa di ambil oleh orang lain yang akan memakai perangkat android anda, atau pemilih baru hp android tersebut. 

Itulah perlu melakukan cara-cara lainnnya seperti enkripsi data dan memasukkan data dummy berikut ini.

3. Masukkan Data Dummy


Langkah yang ketiga adalah memasukkan data dummy, langkah ini berguna untuk melapisi wipe yang anda lakukan agar proses pembersihan berlangsung dengan baik tanpa sisa. 

Masukkanlah data-data palsu kedalam perangkat tersebut seperti mendaftarkan kembali perangkat android anda ke google, 

dengan alamat email kloningan atau palsu yang berisikan nama palsu, alamat palsu serta foto jug palsu agar nantinya pengguna baru tidak bisa mencari  data asli anda, artinya bisa terkecoh dengan jebakan anda.

Dengan keempat cara tersebut merupakan Cara Wipe Android Menggunakan PC agar lebih aman dari usaha orang lain yang ingin mencari data anda. 

Nah, setelah semuanya anda lakukan maka jika pencari data merecovery data maka yang muncul adalah data kloningan anda. 

Mudah bukan? itulah cara Wipe android yang berhasil kami rangkum semoga bermanfaat bagi kita semua .
auto relax

Post a Comment

0 Comments