Cara Menambah RAM HP Samsung Anti Lemot J2 Prime

iklan
auto iklan
Cara Menambah RAM Samsung J2 Prime – Kapasitas RAM pada hp besutan Samsung ini terbilang cukup besar dimasanya, namun karena pembaharuan teknologi diera 2020 sudah banyak beredar smartphone dengan kapasitas RAM yang besar hingga 6GB.

Karena RAM Samsung J2 Prime hanya dibekali 1GB RAM membuat multitasking hp tidak bisa maksimal, sebab ukuran aplikasi sekarang sudah besar-besar, 

apalagi jika pengguna menginstal aplikasi game seperti mobile legend, PUBG atau game berat lainnya tentu HP Samsung J2 Prime tidak mumpuni.



Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Samsung J2 Pro

Cara Menambah RAM


Seperti yang kita ketahui, RAM pada smartphone berbeda dengan laptop dimana kita bisa menambahnya sesuai batas maksimalnya. 

Berbeda dengan HP yang tidak bisa ditambah kapasitas RAM,nya. Artinya, ketika HP dari pabrik dengan kapasitas RAM1 GB tidak bisa ditambah jadi 2GB, karena hardwarenya menjadi satu kesatuan.

Lantas bagaimana Cara menambah RAM di HP Samsung J2 Prime

Kita hanya bisa menghematnya saja, terkadang kita tidak mengerti apa saja aplikasi yang dijalankan oleh RAM, nah tentunya banyak aplikasi yang tidak digunakan tapi dijalankan oleh RAM, Aplikasi tersebutlah yang akan kita kelola guna menghemat RAM.

Cara Menambah RAM Samsung J2 Prime


Baiklah, kali ini kami situs Paket HP akan membahas tutorial Cara Menambah RAM Samsung J2 Prime dengan mudah agar bisa menjalankan aplikasi berat yang kita inginkan, simak berikut ini ya guys

Cara Menambah RAM

Upgrade Versi Android (OS)


Silahkan upgrade OS android pada HP Samsung J2 Prime menjadi OS Android Marshmallow, kenapa harus Marshmallow? Karena sistem operasi tersebut memiliki fitur menghemat daya dan kapasitas  RAM yang baik.

Sistem operasi Marshmallow sering disebut dengan Doze Mode, dimana ketika HP berada pada posisi sleep maka segala aktifitas yang memakan banyak RAM akan dihentikan supaya baterai, internet serta RAM lebih hemat.

Apabila di HP anda sudah mendapatkan pembaharuan sistem silahkan upgrade ke OS Marshmallow agar smartphone J2 Prime anda mendapatkan performa yang baik. 

Namun, jika tidak mendapatkan pembaharuan sistem maka anda harus meng upgrade secara manual menggunakan bantuan PC/computer. 

Lebih Jelasnya Silahkan Baca Cara Upgrade OS Lollipop Ke Marshmallow Tanpa Root

Hentikan Aplikasi Boros RAM


Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk menambah RAM HP Samsung J2 Prime ada memberhentikan aplikasi yang banyak memakan RAM, ada banyak aplikasi besar seperti facebook, Messenger, Shopee, dan Game berat lainnya.

Beberapa berat tersebut jika dijalankan secara berasamaan maka secara otomatis akan memenuhi kapasitas RAM hingga 300-390 MB. Lumayan kan, kalau kita hapus kedua aplikasi tersebut, agar nantinya anda bisa bermain game dengan lancar tanpa gangguan lag atau Memori Hampi Penuh.

Hapus Widget


Widget  yang ada di layar depan hp panda ternyata itu sangat menyita kapasitas RAM, apalagi widget cuaca, widget Whatsapp, dan lainnya, saran saya silahkan gunakan widget hanya JAM saja untuk bisa menghemat RAM di Samsung J2 Prime

Ukuran Widget sebetulnya cukup kecil, tapi kalau kita memasang 5 widget sekaligus tentunya akan menyita separuh RAM di HP anda. Intinya, daripada RAM tersebut kita gunakan untuk menjalankan widget, lebih baik dialokasikan untuk menjalankan kebutuhan aplikasi yang penting seperti WA, IG dll.

Hindari Wallpaper Bergerak


Saya pribadi aslinya lebih suka menggunakan wallpaper yang bergerak seperti wallpaper ikan atau yang lainnya, penampilannya sangat menarik dan enak dimata. Namun, dibalik itu akan mengakibatkan HP Samsung J2 Kita ngelag / lemot. 

Sebagai rekomendasi, silahkan gunakan wallpaper tidak berger dan sesuai dengan resolusi HP agar tidak begitu berat saat menjalankan fitur wallpaper.

Kalaupun keempat cara menambah RAM Samsung J2 Prime tersebut masih belum berhasil, masih lemot maka disarankan untuk melakukan install ulang  atau kembali ke setelan pabrik agar semua data terhapus semua, seperti layaknya HP baru.

Jika proses install  ulang belum berhasil, langkah terakhir silahkan beli HP baru dengan kapasitas yang lebih besar agar bisa menjalankan berbagai aplikasi berat untuk menunjang kebutuhan anda.

Itulah Cara Menambah RAM Samsung J2 Prime yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jika terdapat berbagai pertanyaan silahkan taruh di komentar dibawah ini.
auto relax

Post a Comment

0 Comments